SISTEM ADMINISTRASI KEUANGAN

1. Sistem
a. Pengertian Sistem
Secara etimologi sistem berasal dari kata yunani yaitusystema-systematisyang asal katanya“synastanai”yaitu menempatkan bersama-sama.
Menurut rahman mulyawan (2004:13 ) Pengertian sistem dalam arti sempit yaitu suatu keseluruhan yang terdiri dari bagian yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu
Sistem secara luas merupakan kombinasi seperangkat bagian,unsur/elemen saling berkaitan erat dan berinteraksidan saling ketergantungan satu sama lain,sehingga keseluruhannya menjadi satu kesatuan yang bulat,utuh danmempunyai tujuan dan fungsi tertentu.
Ciri ciri pokok dari sistem yaitu:
1.Sistem merupakan suatu keseluruhan
2.Suatu sistem mempunyai bagian-bagian
3.Bagian bagian dalam suatu sistem berkaitan
4.Suatu sistem bekerja untuk mencapai tujuan tertentu
Menurut Herber G.Hicks dalam Mulyawan (2004: 13) 3 aspek utama dalam suatu sistem yaitu:
1.adanya interelasi (keterkaitan satu sama lain)
2.interdependensi
3.interacting (keterhubungan satu sama lain antar bagian-bagian dalam sistem)
Dalam arti luas sesuatu dapat disebut sistem apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
1.terdiri dari beberapa unsur,elemen atau bagian
2.elemen-elemen,unsur-unsur atau bagian-bagian satu sama lain jalin menjalin, pengaruh mempengaruhi terjadi interaksi dan interdependensi
3.keseluruhan terpadu menjadi kesatuan yang utuh,suatu totalitas
4.kesatuan mempunyai tujuan,fungsi/output tertentu.
b. Bagian-bagian Sistem
Dalam Mulyawan (2004:14-15) dijelaskan bagian bagian suatu sistem dinamakan komponen sistem/subsistem.sistem yang dipandang terbesar yaitu”supra sistem”.interaksi sistem meliputi 3 tingkat yaitu:input-konversi-output.input dan output merupakan interaksi antar sistem,dan konversi (perubahan transformasi) adalah interaksi antar komponen dalam sistem.
Interaksi(hubungan) dibedakan berdasarkan aspek-aspek tertentu yaitu:
1.Jangkauan
1.Intern
interaksi antar komponen/subsistem dalam satu sistem.didalam sistem adm misalnya:terjadi interaksi intern antara struktur organisasi,kepengawasan dan lain-laian dalam tingkat konversi.
1.Ekstern
interaksi antara satu sistem dengan lain sistem dalam tingkat input dan output.misalnya:sistem ekonomis,politik dll.
1.Sebab akibat
1.Deterministik
apabila hubungan sebab akibat tidak pasti bahwa suatu komponen/sistem otomatis pasti terpengaruh atau tergantung dari komponen lain.
1.Non Deterministik
apabila hubungan sebab akibat tidak pasti bahwa untuk dapat berfungsi sesuatu komponen tidak perlu bergantung dari sesuatu komponen (system lain)
1.Sifat Pengaruhnya
1.Fungsional, positif/ reinforcing pengaruhnya menunjang, memperkuat, mempercepat fungsi/pertumbuhan sub sistem
2.Disfungsional,negatif /counter acting,bila pengaruhnya menghambat, mencegah / menetralisir
2. Administrasi
a. Pengertian Administrasi
Secara Etimologis istilah administrasi berasal dari kata latin”ad”dan “ministrare”yang berarti melaksanakan,menerapkan dan kemudian berarti pula mengendalikan .bahasa prancis lama menyebutnya:”administer”yang kadang-kadang diterjemahkan menjadi management.
Banyak banyak pengertian administrasi yang dikemukanan oleh para ahli administrasi,ada pengertian administrasi secara luas dan ada pengertian administrasi secara sempit, dan bahkan ada yang mengartikan sebagai proses sosial dalam pengertian yang luas.
Menurut Musanef (1996:1) dalam bukunya Manajemen Kepegawaian di Indonesia menyebutkan bahwa administrasi adalah kegiatan sekelompok manusia melalui tahapan-tahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan Dalam implementasinya, administasi berkembang dan mempunyai tugas-tugas yang biasa disebut sebagai fungsi administrasi sebagaimana yang dikemukakan oleh para ahli seperti Henry Faysol,Harold Koontz, George R. Terry dan lain-lain, diantaranya adalah fungsiperencanaan, pengorganisasian sampai dengan fungsi pengawasan.Salah satu bentuk rumusan pengertian adminitasi secara luas yangsederhanaantara lain menyebutkan :bahwa administrasi adalah keseluruhan proses rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukanoleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usahabersama demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.Meskipun rumusannya sederhana, pengertiannya tetap mempunyai cakupan yang luas, yaitu seluruh proses kegiatan yang berencana danmelibatkan seluruh anggota kelompok.
Sedangkan dalam pengertian sempit, sebagai yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat (1996:2), dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen” ,Administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuanringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Iklan